Kamis, 14 Mei 2009

Keledai...

This is just a story...

Suatu pagi, seorang pedagang pergi menuju pasar untuk menjual barang dagangan. Barang dagangannya itu dibawa seekor keledai yang ikut menyertainya. Setelah separuh perjalanan menuju pasar mereka tiba didaerah perbukitan yang sepi dan tidak berpenduduk.
Tiba-tiba keledai pedagang itu jatuh terperosok kedalam lubang yang sebelumnya tidak terlihat karena terhalang rindangnya pepohonan. Lubang tempat keledai itu jatuh sangat licin dan dalam. Si pedagang itu pun kebingungan. Ia berusaha menarik tali kekang keledainya untuk memaksanya menaiki lereng lubang yang licin itu.
Setelah berusaha berulang kali mereka tetap gagal, hingga akhirnya keledai itu pun kelelahan. Bagaimanapun pedagang itu memaksa keledainya untuk keluar dari lubang, keledai itu tidak lagi bergeming.

Hari telah menjelang sore, mereka berdua kelelahan dan sudah putus asa.
Akhirnya pedagang itu pun mengambil keputusan, dengan bantuan seutas tali ia melompat kedalam lubang dan menyelamatkan barang dagangan sebisanya.
Karena tak tega mendengar keledainya yg merengek-rengek kelelahan, ia berpikir untuk menghabisi keledainya dilubang itu. Kemudian dengan alat seadanya ia melemparkan tanah untuk menutup lubang beserta keledainya. Awalnya keledai itu ribut dan panik, hingga pedagang itu tidak tega untuk menengok kedlm lubang.
Setelah beberapa saat tidak ada suara sedikit pun dari dalam lubang.
Keheranan, pedagang itu melihat kedalam lubang dan ternyata ia menyaksikan keledainya masih hidup. Keledai itu berdiri dengan tenang, dan menginjak-injak tanah yang berjatuhan disekelilingnya. Setiap gumpal tanah yang masuk kelubang diinjak-injaknya hingga ia terhindar dari terkubur hidup-hidup. Melihatnya, pedagang itu pun semakin bersemangat melemparkan tanah kedalam lubang. Setelah berjam-jam, akhirnya lubang itu semakin dangkal, dan keledai itu pun melompat dengan riangnya keluar dari lubang...


The end.

Tidak ada komentar: